Penulis / NIM
SELVIYANA ULOLI / 451411064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Selviana Uloli (2015). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi (Studi Penelitian di Kelas X SMA Negeri Tibawa). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian (ITK). Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II : Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Berdasarkan jenisnya, ada 2 variabel yang diteliti yaitu kepercayaan diri (X) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi (Y). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tibawa sebanyak 53 orang yang tersebar pada 8 kelas. Instrumen digunakan adalah angket dan hasil belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal atau tidak. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi yang ditunjukkan oleh nilai (rxy) sebesar 0,4097 dan nilai signifikan (t) sebesar 3,209. Hubungan yang cukup berarti antara kepercayaan diri dengan hasil belajar geografi yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r2) sebesar 0,1679. Hal ini berarti ada sebesar 16,79% kontribusi tingkat kepercayaan diri (X) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran geografi (Y) melalui persamaan regresi Y = 60,23 + 0,69X.
Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Hasil Belajar Geografi
Download berkas