Penulis / NIM
FIFIATI / 451411069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Fifiati. 2015. Hubungan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan pembimbing II Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd. Penelitian ini bermaksud untuk dapat mengungkapkan permasalahan tentang hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan penjelasan maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis arah regresi dan korelasi sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh persamaan regresi = 3.60 + 0.74x. Hal ini mengandung pengertian bahwa setiap kenaikan satu skor kemandirian belajar akan diikuti kenaikan skor prestasi belajar sebesar 0.74 unit pada kostanta 3.60. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa dapat diterima dengan koefisien korelasi diperoleh harga r = 0,50 dan r2 = 0,2500 atau 25%. Hal ini menunjukan bahwa kemandirian belajar memiliki hubungan yang erat dengan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas