Penulis / NIM
YEYEN LATIF / 451411075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Yeyen Latif. 2015. Hubungan Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dungaliyo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh M.Pd dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keerataan hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA 1 Negeri 1 Dungaliyo. Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Berdasarkan jenisnya, ada 2 variabel yang diteliti yaitu lingkungan keluarga (X) dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi (Y). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Dungaliyo sebanyak 56 orang yang tersebar pada 4 kelas. Instrumen digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas untuk mengetahui adanya data tersebut berdistribusi normal atau tidak. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan positif antara lingkungan keluarga nilai (rxy) sebesar 0,5003 dengan koefisien determinasi r2= 0,2503 atau 25,03%.
Demikian pula persamaan regresi = 63,142 + 0,208X. hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variable X (lingkungan keluarga) akan diikuti oleh 0,208 unit kenaikan variable Y (prestasi belajar) pada konstanta 63,142. Sehingga diperoleh kesimpulan yang sama koefisien korelasinya benar-benar signifikan.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas