Penulis / NIM
SRI WAHYU WINANGSI BAKU / 451411082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini yaitu pada siswa kelas X IIS1 SMA Negeri 1 Marisa yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I pengamatan kegiatan guru untuk aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik adalah 52,09%, pada kegiatan siswa aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik adalah 63,64% dan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 66,67%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I ini dapat dikatakan belum mencapai ketuntasan indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga tindakan perlu dilanjutkan kesiklus selanjutnya atau siklus II. Pada siklus II pengamatan kegiatan guru untuk aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik mengalami peningkatan 93,6%, Pada kegiatan siswa aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik adalah 84,1% dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 86,67%, yang artinya penelitian tindakan kelas ini telah berhasil dengan dilaksanakannya tindakan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) dalam pembelajaran Geografi di kelas X SMA Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, SQ3R
ABSTRACT
The aim of this research is to find out the increase of learning achievement of student through survey, question, reading, recite, review (SQ3R) learning method on geography subject. This research referred to classroom action research design which was conducted in 2 cycles and the instrument of this research was activity observation paper of teacher, activity observation of student and learning achievement test. The subjects ini this research were 30 students at class X IIS1 SMA Negeri 1 Marisa. Based on the data analysis, in cycle 1, observation of teacher's activity in excellent and good was 52,09% and student's activity who got excellent and good was 63,64%. Meanwhile, learning achievement of student in the cycle 1 wass 66,67%. It showed that classrooom action research in the cycle 1 did not achieve the competent of performance indicator that has been made, then the research need to be continued in the next cycle in or cycle II. In the cycle II, observation of teacher's activity who got excellent and good was increase become 93,6%, in the aspect of student's activity who got excellent and good criteria was 84,1% and learning achievement of student increase to 86,67% which means that this classroom action research succeed by conducted improvement in cycle II. Based on the analysis result, it can be concluded that applying survey, question, reading, recite, review (SQ3R) learning model geography subject at class X SMA 1 Marisa, Pohuwato subdistrict can increase the learning achievement of student.
Keyword: Learning Achievement, SQ3R
Download berkas