Penulis / NIM
DELVI WASAMI / 451411083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Delvi Wasami. NIM. 451 411 083. Judul Skripsi "Deskripsi Profesionalisme Guru Geografi Dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri se-Kabupaten Gorontalo Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Geografi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2015. Pembimbing I Bapak Dr. Nawir Sune, M.Si Dan Pembimbing II Ibu Supartin, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah Bagaimanakah profesionalisme guru geografi yang mengajar di SMA Negeri se-Kabupaten Gorontalo Utara Tahun Pelajaran 2015/2016 sebagaimana tertuang pada Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 10 orang guru, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kompetensi profesionalisme guru dan lembar observasi aktivitas guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari kompetensi profesionalisme guru dilakukan uji coba butir angket. Sehingga didapatkan 23 butir instrument yang valid dan 7 butir instrument yang tidak valid. Setelah uji validitas insrumen kemudian dilanjutkan dengan uji reabilitas dan didapatkan bahwa tingkat reabilitas instumen tersebut tinggi dengan nilai 0,86. Sedangkan Untuk aktivitas guru dalam proses belajar mengajar terlaksana secara efektif dan efisien. Semakin professional guru maka proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
Kata Kunci:, Kompetensi Profesionalisme Guru, Belajar Mengajar
Download berkas