Penulis / NIM
FITWIAWATI UMAR / 451411085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Fitwiawati Umar, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi, Skripsi, Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, Pembimbing II Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Hidrosfer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 1 Popayato Kelas X Tahun Ajaran 2014/2015. Desain peneitian yang digunakan Posttest Only Control Design. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray adalah 31,93, dan skor hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share adalah 23,68. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statis Chi-kuadrat = 0,05. Dengan hipotesis yang diperoleh thitung > tdaftar yakni thitung = 9,50 dan tdaftrar = 2,02 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan pengujian statistik disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.
Kata Kunci : Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu, Think Pair share, Hasil Belajar
Download berkas