Penulis / NIM
HARDIANTO / 451411089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Hardianto.2016."Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Think Pair Share dan Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi ". Pembimbing 1, Dr. Sunarty S Eraku M.Pd dan pembimbing 2, Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share dan Two Stay Two Stray dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran geografi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 4 kelas, kemudian ditentukan 2 kelas untuk menjadi sampel penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan intrument tes. Instrumen penelitian berupa tes essay. Data di uji normalitasnya dengan menggunakan analisis statis Chi-Kuadrat = 0,05 dengan hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yakni thitung = 3,87 dan ttabel = 2,02, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share dan Two Stay Two Stray dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share dan Two Stay Two Stray yakni 83,56 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share yakni 74,44.
Kata Kunci : Kooperatif Think Pair Share, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar.
Download berkas