Penulis / NIM
NITA ADAM / 451411090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSRAK
Nita Adam. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Think Talk Write. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Think Talk Write pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri I Limboto. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si, Program Studi Si Penddikan Geografi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika Dan Ilmu Penegetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kegiatan guru,lembar kegiatan siswa,dan analisis hasil belajar. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IIS3, dengan jumlah 30 orang siswa terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan pada kriteria baik dan sangat baik pada pengmaatan kegiatan guru siklus I adalah dari 86% meningkat menjadi 95,7% disiklus II. Pada kegiatan siswa pada siklus I dari 80,4% meningkat menjadi 85,67% disiklus II. Dan hasil belajar dari siklus I adalah 70% meningkat menjadi 90% disiklus II. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajarangeografi akan meningkat jika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think Talk Write.
Kata Kunci : Hasil Pembelajaran, Kooperatif Think Talk Write
Download berkas