SKRIPSI

Penulis / NIM
NURHIKMA PAKAYA / 451411094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Abstrak Nurhikma Pakaya. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Di SMA Prasetya Gorontalo. Masalah utama penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi mengalami peningkatan. Hipotesis tindakan adalah jika model pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw digunakan dalam pembelajaran geografi, maka hasil belajar siswa kelas X IPS1 SMA Prasetya Gorontalo akan meningkat. Jumlah siswa yang dikenai tindakan yaitu 26 orang siswa kelas X IPS1 SMA Prasetya Gorontalo tahun ajaran 2018/2019. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Dalam hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukan dari 26 orang siswa yang memperoleh nilai dengan rentang skor 81-100 berjumlah 11 orang siswa atau 42,3%, yang mencapai skor 67-80% berjumlah 8 orang atau 30,7%, yang mencapai 50-66 berjumlah 3 orang atau 11,5%, dan yang mencapai skor 30 49 berjumlah 4 orang siswa. Ini menunjukan bahwa presentase keberasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan kesiklus II. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukandari 26 orang siswa yang mendapat rentang skor 81-100 ada 23 orang siswa atau 88,4% sedangkan siswa yang mendapat rentang skor 67-80 ada 2 orang atau 7,7% sedangkan untuk siswa yang memperoleh nilai 50-66 ada 1 orang atau 3,9%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS1 di SMA Prasetya Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Kooperatif Type Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011