Penulis / NIM
NISMAWATI Y. DUDA / 451411097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
NISMAWATI Y. DUDA, 2015. "Pengaruh Model pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Pada Topik Pedosfer"(Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1 Botumoito). Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Penegtahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang digunakan dalam pembelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan kelompok eksperimen (X4) dan kelompok kontrol (X1). Lebih jauh Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) yang berjumlah 4 kelas SMA Negeri 1 Botumoito. Sampel di ambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling kemudian di tentukan dua kelas untuk menjadi sampel yaitu kelas eksperimen kelas X4 kelas kontrol kelas X1. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar. Tes ini dilaksanakan pada siswa yang ada dikelompok eksperimen dan juga pada kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi-Kuadrat. Hasilnya adalah nilai X2hitung â X2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 7,2 â 9,488 dan untuk kelas kontrol 3,4 â 9,488. Dengan demikian rata - rata skor hasil belajar siswa terdistribusi secara normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan t-tes menunjukan bahwa ada thitung â ttabel yaitu 2,68 â 2,03. Kesimpulannya yaitu terdapat perbedaan antara kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Kooperatif Tipe Group Investigation dan Hasil Belajar
Download berkas