Penulis / NIM
ENGGAL KASIH WINAMPI / 451411104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Enggal Kasih Winampi. NIM. 451 411 104. Hubungan antara Fasilitas Belajar dengan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Wonosari. Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: (1) Dr. Nawir Sune, M.Si, (2) Muhamad Kasim, ST., MT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara fasilitas belajar dengan minat belajar siswa SMA Negeri 1 Wonosari. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Data tentang fasilitas belajar diperoleh dari hasil survey di sekolah sedangkan data minat belajar siswa diperoleh berdasarkan angket yang diisi oleh siswa kelas X. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 122 siswa yang tersebar pada 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling sebanyak 25% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan minat belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,59 dan signifikansi (t) sebesar 3,867. Hubungan fasilitas belajar dengan minat belajar siswa ditunjukkan pula oleh nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,3481. Artinya terdapat kontribusi sebesar 34,81% variasi minat belajar siswa yang dapat dijelaskan oleh fasilitas belajar, sedangkan 65,19% ditentukan oleh faktor lain.
Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Minat Belajar Siswa, Korelasional
Download berkas