Penulis / NIM
HANIPAN DIAPAN / 451411105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Hanipan Diapan. 2015. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X SMA Negeri 1 Dungaliyo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Muh. Kasim, S.T, M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah 112 orang siswa kelas X dari kelas XD, XE, XF, XG. Sampel penelitian di ambil 50% dari setiap kelas, dari kelas XD di ambil 15 orang siswa, dari kelas XE di ambil 12 orang siswa, dari kelas XF di ambil 15 orang siswa, sedangkan
dari kelas di ambil 14 orang siswa. Dari hasil pengujian normalitas untuk data Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di peroleh nilai Lhitung = 0,109, Ltabel untuk n=56 dengan taraf signifikansi = 0,05 adalah 0,118. Lhitung < Ltabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang berasal dari populasi berdistribusi normal.
Pengujian hipotesis dilakukan melalui perhitungan Koefisien Korelasi (Korelasi Product Moment) sebesar 0,4375. Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas