Penulis / NIM
NI KADEK SRI MURTIASIH / 451411108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Ni Kadek Sri Murtiasih. Nim. 451 411 108. Judul " Hubungan antara Gaya Berpikir Divergen dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi (Suatu Penelitian di Kelas X SMA Negeri 1 Dungaliyo)". Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Nurfaika, S.Si, M.Sc.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan antara gaya berpikir divergen dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SMA Negeri 1 Dungaliyo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah 173 orang siswa yang terdiri dari 6 kelas yaitu dari Kelas XA, XC, XD, XE, XF, dan XG. Sampel penelitian diambil 55% dari setiap kelas, dari XA diambil 10 orang, XC diambil 10 oarang, XD diambil 9 orang, XE diambil 8 orang, XF diambil 9 orang serta XG diambil 9 orang.
Dari hasil pengujian normalitas data Gaya Berpikir Divergen dengan Hasil Belajar Siswa diperoleh nilai Lhitung = 0,106, Ltabel untuk n=55 dengan taraf nyata =0,05 adalah 0,119. Lhitung < Ltabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa data berasal dari populasi berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji koefisien korelasi (r), dari perhitungan diperoleh nilai 0,691 ini menunjukan terdapat hubungan yang positif antara gaya berpikir divergen dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.
Kata Kunci: Gaya Berpikir, Hasil Belajar Geografi
Download berkas