SKRIPSI

Penulis / NIM
IIN OKTAVIANA ADAM / 451411110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Iin Oktaviana Adam, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan Media AnimasiTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrosfer (Suatu penelitian eksperimen pada kelas X SMA Negeri 1 Suwawa). Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Sunarty S. Eraku. M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Ibu Tirtawaty Abdjul. S.Pd. M.Pd Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan media animasi dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung menggunakan media animasi. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMAN 1 Suwawa yang meneliti tentang hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan media animasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest-only Control Group Design dan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang dibelajarkan dengan model Kooperatif Tipe STAD dengan menggunakan media animasi sedangkan kelas kontrol merupakan kelas yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung menggunakan media animasi. Dari hasil penelitian, kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor lebih tinggi yaitu sebesar 82.22 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata sebesar 57,43. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis uji-t diperoleh thitung = 7.93 > ttabel= 2.02 hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak, ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan dengan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan media animasi dengan kelas yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung menggunakan media animasi. Kata Kunci : Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011