Penulis / NIM
NIGITA GAGA / 451411111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Nigita Gaga, 2015. Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi, Skripsi, Prodi pendidikan geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.pd, Pembimbing II Ahmad Zainuri, S,pd, M.T
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa kelas XIPS SMA Negeri 1 Kabila dan yang dijadikan sampel sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XIPS5 dan yang dijadikan sampel kelas kontrol yaitu kelas XIPS2. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian yang berjumlah 7 butir soal untuk masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data hasil pengujian normalitas dan homogenitas dengan menggunakan chi-kuadrat = 0,05 kedua kelompok tersebut berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil analisis data diperoleh hasil pengujian hipotesis thitung > ttabel = 1,94 > 1,67 dengan demikian Hipotesis nol (H0) ditolak dan H1 diterima, yang artinya hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar
Download berkas