Penulis / NIM
MUSTAFA / 451412009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
MUSTAFA. 2016. Deskripsi Keterampilan Bertanya Guru Dalam Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri Se-Kabupaten Bone Bolango, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakulas Matematia dan Ilmu Pengtahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pemimbing I Dr. Nawir Sune, M.Si dan Pembimbing II Ahmad Zainuri S.Pd, MT.
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri Se-Kabupaten Bone Bolango. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Geografi yang ada di SMA Negeri Se-Kabupaten Bone Bolango dengan jumlah guru sebanyak 12 orang yang tersebar di 6 Sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Dalam hasil penelitian secara keseluruhan, Untuk mengungkapkan pertanyaan secara singkat dan jelas dengan kriteria sangat baik sebesar (50%), pengaturan urutan pertanyaan berupa ingatan dengan kriteria baik (47,6%), pengaturan urutan pertanyaan berupa pemahaman dengan kriteria cukup sebesar (50%), pemberian tuntutan dengan kriteria kurang sebesar (50%).Untuk memperbaiki aspek-aspek tersebut maka guru harus mangatur tingat urutan pertanyaan yang disajikan kepada siswa sesuai tingkat pengurutannya dan sesuai dengan tingkat perkembangan pengetahuan siswa.
Kata kunci : Keterampilan Bertanya,Keterampilan Bertanya Dasar,Keterampilan Bertanya Lanjut
Download berkas