Penulis / NIM
HUSRIANTI / 451412011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Husrianti, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Integrasikan Dengan Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin, M.Si, Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Integrasikan Dengan Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Telaga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan kegiatan guru, aktivitas siswa, dan keterlaksanaan model pembeljaran. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan penelitian ini di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian Siklus 1, Hasil Belajar Siswa menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa di kelas tersebut diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 23 orang atau 77%. Penelitian pada siklus 2, Hasil Belajar menunjukan bahwa dari 30 orang siswa di kelas tersebut diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 26 orang atau 87%.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Download berkas