Penulis / NIM
SITTI RATNA NINGSIH RINDO / 451412019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Sitti Ratna Ningsih Rindo. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. (Suatu Penelitian Eksperimen Di SMA N 3 Gorontalo). Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. UNG. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA N 3 Gorontalo tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan sebanyak 29 peserta didik dan kelas kontrol senbanyak 28 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Untuk pengujian normalitas data menggunakan metode Liliefors, dan pengujian homogenitas varians di gunakan uji F. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan uji kesamaan rata-rata yaitu uji t. Rumusan hipotesis dalam penelitian ini "Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa pada kelas yang menggunakaan media pembelajaran audio visual dibandingkan dengan siswa pada kelas yang menggunakan media power point". Hasil yang diperoleh adalah nilai minat belajar siswa setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan media Audio Visual rata-ratanya 93,31sedangkan pada kelas pembelajaraan dengan media power point rata-ratanya 84,64. Berdasarkan uji kesamaan dua pihak dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,1527 dan ttabel = 2,00404, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran Audio Visual dan Media Power Point pada mata pelajaran Geografi.
Kata kunci : Audio Visual, Power Point dan Minat Belajar.
Download berkas