Penulis / NIM
WILDA MUDAKIR / 451412025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Wilda Mudakir, 451 412 025. "Identifikasi Hambatan Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru Geografi SMA/MA Se-Kota Gorontalo". Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan pada 4 sekolah di Kota Gorontalo yang telah menggunakan kurikulum 2013 yaitu pada SMAN 1 Gorontalo, SMAN 3 Gorontalo, SMAN 4 Gorontalo, dan MAN Model Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 25 April- 24 Mei 2016. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan lebih banyak bersifat uraian dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh akan dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 masih terdapat hambatan dalam beberapa aspek. Untuk perangkat pembelajaran, para guru masih sementara dalam proses pelatihan sehingganya belum sepenuhnya mengerti tentang kurikulum 2013. Pada strategi dan metode pembelajaran, guru masih belum menguasai dengan baik metode dan strategi yang bagus saat mengajar. Pada sarana dan media pembelajaran kurangnya koordinasi guru geografi kepada kepala sekolah tentang sarana dan media yang dibutuhkan dalam pembelajaran geografi. Dan pada penilaian guru lebih berpatokan pada penilaian dari kurikulum yang sekarang yaitu kurikulum 2013 yang mengutamakan penilaian sikap. Sedangkan penilaian dalam kurikulum 2013 harus secara keseluruhan. sehingganya yang sering dilaksanakan masih sebatas penilian sikap.
Kata kunci : Identifikasi, Pelaksanaan, Kurikulum 2013
Download berkas