Penulis / NIM
FALAHUDIN / 451412029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
FALAHUDIN, 2016 "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) yang diintegrasikan dengan Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 3 Gorontalo"
SKRIPSI. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Muh. Kasim, S.T, M.T. Program Studi Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) yang diintegrasikan dengan Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X IPS4 SMA Negeri 3 Gorontalo pada materi Hidrosfer. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS4 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah pengamatan kegiatan guru, pengamatan kegiatan siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I untuk pengamatan kegiatan guru aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik mencapai 57%, pada kegiatan siswa aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik mencapai 33,42%, dan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 60,58. Hal ini menunjukan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I ini belum mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II pengamatan kegiatan guru aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik mencapai 83%, pada kegiatan siswa untuk aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik mengalami peningkatan 88,13%, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 85,22 yang artinya penelitian tindakan kelas ini telah berhasil. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) yang diintegrasikan dengan Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer di SMA Negeri 3 Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif, Think Pair Share, Student Team Achievement Division
Download berkas