Penulis / NIM
NURDALISA S. MANANG / 451412035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Nurdalisa S. Manang. 2017. Deskripsi Keterampilan Guru Mengelola Kelas dalam Pembelajaran Geografi SMA Negeri di Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitriyane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II. Dr. Eng Sri Maryati, S.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan dasar guru mengelola kelas dalam pembelajaran geografi SMA Negeri Se-Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan dasar guru mengelola kelas dalam pembelajaran geografi SMA Negeri se-Kabupaten Bone Bolango sudah dilaksanakan dengan baik jika dilihat dari hasil presentase yang terdiri dari 6 indikator yakni indikator prinsip penggunaan guru, memelihara kondisi pembeljaran yang optimal, membagi perhatian secara verbal dan visual, memusatkan perhatian kelompok, memeri teguran, dan memberi penguatan.
Kata Kunci: Keterampilan Dasar Guru Mengelola Kelas
ABSTRACT : Nurdalisa S. Manang. 2017. Description of Teacher' Skill in Classroom Management in Geography Learning at State Senior High School in District of Bone Bolango. Skripsi, Bachelor Study Program of Geography, Departement of Eart Science and Engineering, Faculty of Mathrmatics and Natural Scince, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si Co- Supervisor is Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si.
This research aims at describing teachers' skill in classroom management in geography learning at State High School in District of Bone Bolango. This is a descriptive research by applying both quanlilative and qualitative approaches. Instrument of research is observation sheet. Finding reveals that teacher' skill in classroom management in geography learning at state Senior High School in District of Bone Bolango has been implemented properly observed from 6 indicators; teacher's classroom management principle, maintaining optimal learning condition, dividing attention both verbally and visually, centering group's attention, warning, and reinforcing.
Keywords : Teacher's Skill in Classroom Management
Download berkas