Penulis / NIM
RIANITA S. YURA / 451412051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
Abstrak
Rianita S. Yura. 2016. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pedosfer Kelas X Di SMA Muhammadiyah Batudaa. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan pembimbing II Muhamad Kasim, S.T M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media komik dengan siswa yang menggunakan media flashcard. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel terikat dan variabel bebas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan tekhnik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan tekhnik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes uraian (essay) yang terdiri dari 9 butir soal. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas data dengan menggunakan metode Liliefors, dan pengujian homogenitas varians di gunakan uji F. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan yaitu uji t. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 2,92 dan nilai ttabel = 2,03 atau thitung > ttabel, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis untuk Ho ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media komik pada kelas eksperimen dan hasil belajar siswa yang menggunakan media flashcard pada kelas kontrol.
Kata kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Media Komik
Download berkas