SKRIPSI

Penulis / NIM
LISTIANI ESTER H. UTOMO / 451413004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK LISTIANI ESTER H. UTOMO, (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Diintegrasikan dengan Metode Pembelajaran Resitasi pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS-4 SMA Negeri 1 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan dengan tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode diskusi kelompok diintegrasikan dengan metode pembelajaran resitasi pada mata pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS-4 SMA Negeri 1 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah (1) minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai hasil belajar minimal 70. (2) kegiatan belajar mengajar yang dinilai melalui lembar pengamatan minimal mencapai kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 34,8% siswa yang tuntas (8 orang siswa yang memperoleh nilai 70 keatas dari 23 orang siswa). Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Hasil belajar pada siklus II ada peningkatan yang dicapai yaitu 95,7% siswa yang tuntas (22 orang siswa yang memperoleh nilai 70 keatas dari 23 orang siswa). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu dengan menggunakan Metode Diskusi Kelompok diintegrasikan dengan metode pembelajaran resitasi pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam, maka hasil belajar siswa Kelas XI IPS-4 SMA Negeri 1 Boliyohuto meningkat. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode, Integrasi, Resitasi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011