SKRIPSI

Penulis / NIM
RAMAN S. NANGILI / 451413005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Raman S. Nangili. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Al-Qur'an pada Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Fitryane Lihawa, M.Si, dan Pembimbing II, Daud Yusuf, S.Kom, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an yang valid. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research And Development) 4D yakni Define (Analisis Kebutuhan), Design (Perancangan Produk), Development (Validasi dan Uji Coba Produk) dan Disemination (Belum Dilakukan Dalam Penelitian Ini). Data yang dianalisis adalah data validasi produk oleh ahli serta data uji coba produk yaitu data respon minat siswa dalam menggunakan bahan ajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriftif kuantitatif dengan menggunakan perhitungan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian bahan ajar oleh ahli masuk pada kriteria sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 96,43%. Pada ujicoba terbatas diperoleh hasil persentase minat belajar siswa dengan nilai tertinggi pada kualifikasi tinggi (T) yakni 54,55% dan persentase rata-rata 79,18% termasuk kategori tinggi (T) Sedangkan uji coba general hasil persentase belajar siswa dengan nilai tertinggi pada kualifikasi Sangat tinggi (ST) yakni 52,94% dan persentase rata-rata 83,53% termasuk kategori tinggi (T) Dengan demikian bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an layak digunakan sebagai buku ajar geografi MA kelas X pada materi bumi sebagai ruang kehidupan. ABSTRACT. Raman S. Nangili. 2017. Developing AL-Qur'an-based Geography Learning Material in Earth as Life of Space Topic. Skripsi. Study Program of Geography Education, Department of Earth Science and Engineering, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo, Principal supervisior is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and Co-supervisior is Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. This research is aimed to produce valid Al-Qur'an-based geography learning material. It applies Research and Development method by having 4D as the model; Define (need analysis), Design (Product Design), Development (Validation and Product Trial), and Dissemination (It has not yet applied in this research). The data that have been analyzed are data of product validation by experts and data of product trial of students' interest response in applying the learning material. Technique of data analysis is quantitative descriptive applying simple measurement. Finding reveals that learning material assessment by the experts is categorized as very proper by having percentage of 96,43%. In limited trial, percentage of students'learning interest with highest score is in high qualification for 54,55% and average percentage is 79,18% in high category. Meanwhile, in general trial, percentage of students' learning interest with highest score is in very high qualification for 52,94% and average percentage is 83,53% in high category. Thus, Al-Qur'an-based geography learning material is proper to be used for grade X MA (Islamic Senior High School) in earth as space of life topic.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011