Penulis / NIM
LUPITA ABDULLAH AKUBA / 451413021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
Lupita Abdullah Akuba. 2017. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Materi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Telaga. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Fitryane Lihawa, M.Si, dan Pembimbing II Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning yang diintegrasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Postest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Telaga dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 25 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 6 dengan jumlah siswa 27 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes uraian (essay) yang terdiri dari 8 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas data dengan menggunakan metode Liliefors, dan pengujian homogenitas varians digunakan uji F. Hipotesis diuji menggunakan uji t. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 16,17 dan ttabel = 2,01 atau thitung > ttabel, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis untuk H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan integrasi model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif.
Kata kunci : Problem Based Learning, Picture and Picture, Kooperatif, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas