Penulis / NIM
ZIBRAN TANAIYO / 451413022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Zibran Tanaiyo. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Al-Qur'an Pada Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Fitryane Lihawa, M.Si selaku Pembimbing I dan Bapak Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an pada materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research And Development) 4D yakni Define (Analisis Kebutuhan), Design (Perancangan Produk), Development (Validasi dan Uji Coba Produk) dan Dissemination (Belum Dilakukan Dalam Penelitian Ini). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar kelayakan ahli materi yang terdiri dari dosen dan guru, ahli bahasa, dan ahli Al-Qur'an serta minat siswa dalam menggunakan bahan ajar geografi berbasisi Al-Qur'an. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan perhitungan sederhana. Dari hasil penilaian bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an yang telah divalidasi oleh masing-masing ahli memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 98,05% dengan kriteria sangat baik. Pada uji coba terbatas diperoleh hasil persentase minat belajar siswa dengan rata-rata persentase 79,55% dengan kategori baik, sedangkan pada uji coba general diperoleh hasil persentase minat belajar siswa dengan rata-rata persentase 83,28% dengan kategori baik. Dengan demikian bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an ini layak digunakan sebagai bahan ajar geografi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar berbasis Al-Qur'an, Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Marim Dunia
ABSTRACT
Zibran Tanaiyo. 2017. Developing Al-Qur'an-based Geography Material in Strategic Position of Indonesia as Maritime Axis Topic. Skripsi. Study Program of Geography Education, Departement of Earth Science and Engineering, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and Co-supervisor is Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T
This research is aimed to produce Al-Qur'an-based geography material in Strategic Position of Indonesia as Maritime Axis topic. It applies Research and Development method by having 4D as the model; Define (need analysis), Design (Product Design), Development (Validation and Product Trial), and Dissemination (It has not yet applied in this research). This research is conducted by applying material experts' appropriateness sheet. The experts are lecturer and teacher, expert of Al Qur'an, expert of language, and student's interest in applying Al-Qur'an based material. Technique of data analysis is quantitative descriptive applying simple measurement. Result of Al-Qur'an-based geography learning that has been validated by each expert obtains score of average percentage for 98,05% in excellent criteria. In limited trial, it is found that average percentage of student's learning interest is 79,55% in good category while in general trial, average percentage of student's learning interest is 83,28% in good category. Thus, Thus, Al-Qur'an-based geography material is proper to be used in Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo and Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Gorontalo.
Keywords : Development, Al-Qur'an-based Learning Material, Strategic Position of Indonesia as Maritime Axis
Download berkas