Penulis / NIM
SALMIA / 451413023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Eng. SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
SALMIA, Nim 451413023, 2019.Ã���Ã..."Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR (Auditory Intellectually Repetition)pada materi Fenomena Biosfer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Tapa Kabupaten Bone BolangoÃ���Ã�ÂÂ.Pembimbing 1, Dr. Sunarty S. Eraku S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2, Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe AIR (Auditory Intellectually Repetition) pada materi fenomena biosfer terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1Tapa. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XI IPS1sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR (Auditory Intellectually Repetition) sedangkan kelas XI IPS2sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen berupa tes essay. Berdasarkan pengujian normalitas kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,133 < Ltabel = 0,161 data tersebut berasal dari populasi berdistribusi normal. Kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung = 0,139 < Ltabel = 0,161 data tersebut berasal dari populasi berdistribusi normal. Hipotesis penelitian yaitu nilai thitung = 9,68 > ttabel =1,671 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan AIR (Auditory Intellectually Repetition) nilai 91,6 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung yaitu dengan nilai 77.0
Kata Kunci :Auditory Intellectually Repetition (AIR), Hasil Belajar Siswa, geografi
Download berkas