SKRIPSI

Penulis / NIM
JASMIN HAMZAH / 451413026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK Jasmin Hamzah, Nim 451 413 026 "Integrasi Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Program Studi S-1 Pendidikan geografi Jurusan Ilmu Teknologi Kebumian Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo Dibawah Bimbingan Dr.Sunarty S. Eraku,S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I dan Dr. Sc Yayu Indriyati Arifin, M.Si selaku Pembimbing II Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi melalui penerapan model Numbered Head Together (NHT) diintegrasikan dengan model Teams Games Tournament (TGT) pada kelas XI IPS di SMA Muhamadiyah Batuda'a. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 20 orang siswa dengan 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan di kelas XI IPS Pada mata pelajaran Geografi. Hasil penelitian, bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdsiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa dikenai tindakan dari 20 orang siswa terdapat 12 orang siswa 60% 75 ke bawah, sedangkan 8 orang siswa 40% memperoleh 75 ke atas dengan nilai Rata-rata 66,16%. Kelas presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 20 siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 18 orang siswa (90%) memperoleh nilai 75 ke atas dan 2 orang sisanya (10%) memperoleh nilai kurang dari 75 kebawah dengan nilai rata-rata 80,9%. Simpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) diintegrasikan dengan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Muhamadiyah Batuda'a Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Model Numbered Head Together (NHT) Diintegrasikan Dengan Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011