Penulis / NIM
FIRGA NABILA LIGE / 451413029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Firga Nabila Lige. 2017. Pengembangan Media Interaktif Sumber Daya Alam Menggunakan Aplikasi Swishmax Yang Diintegrasikan Dengan PowerDirector. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune, M.Si dan pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom., M.Si. Media interaktif adalah salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam mengembangkan materi yang akan disampaikan melalui penggabungan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya tujuan pembelajaran. SwishMax merupakan aplikasi untuk membuat animasi flash seperti halnya Macromedia Flash MX yang dapat dipakai untuk menambahkan gambar, animasi, suara dan hal-hal yang interakstif (interactivity) kedalam Web. Penelitian ini terdapat dua tujuan yang pertama yaitu untuk mengembangkan media interaktif Sumber Daya Alam menggunakan aplikasi swishmax yang diintegrasikan dengan powerdirector pada kelas XI IPS dan yang kedua untuk mengetahui minat siswa dalam pembelajaran geografi materi sumber daya alam dengan menggunakan media interaktif swiahmax yang diintegrasikan dengan powerdirector. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Observasi dan kuesioner. Kuesioner (angket) merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan member seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya (Sugiyono, 2010: 199). Metode yang digunakan yaitu metode yang di kembangkan oleh thiagrajan (1974) yang dikenal dengan istilah 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Pada penelitian ini presentase minat dalam kelas ujicoba terbatas media interaktif sumber daya alam kategori sangat baik mencapai 86.4%, sedangkan kelas ujicoba general minat siswa dalam media interaktif sumber daya alam kategori sangat baik mencapai 77.8%.
Kata Kunci: Media Interaktif, Minat Belajar, Aplikasi swishmax, PowerDirector,
ABSTRACT
Firga Nabila Lige. 2017. Development of Natural Resource Interactive Media Using Application of Swishmax Integrated with PowerDirector. Skripsi, Bachelor Study Program of Geographic Education, Department of Geo Science and Technology, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Nawir Sune, M.Si and Co-supervisor is Daud Yusuf, S.Kom., M.Si. This research aims to develop Natural Resource interactive media using swishmax application integrated with powerdirector in class XI of IPS and to investigate students' interest in geographic learning in natural resource topic by using swishmax interactive media integrated with powerdirector. This research applies observation and questionnaire as techniques of data collection. Questionnaire is a technique of collecting data using a set of questions or written statement to respondents to be answered (Sugiyono, 2010:199). This research applies method of Thiagrajan (1974) which is known as 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). In this research, interest percentage in limited trial class of natural resource interactive media is categorized as very good or 86.4% while general trial class of students' interest in natural resource interactive media is categorized as very good of 77.8%.
Keywords: Interaktif Media, Learning Interest, Swishmax Application, PowerDirector.
Download berkas