Penulis / NIM
NURFIANI KARIM / 451413034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Eng. SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dinamika dan masalah kependudukan melalui integrasi Model Pembelajaran Teams Assisted Individulization (TAI) dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di SMA Muhammadiyah Batudaa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 25 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa terdapat 16 dari 25 orang siswa yang memperoleh nilai diatas 75 (64%) dengan kategori sangat baik, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 36%. Presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indicator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Hasil evaluasi tes hasil belajar pada siklus II terdapat 28 dari 25 siswa yang dikenai tindakan memperoleh ketuntasan dengan presentase sebesar (92%), dan siswa yang tidak tuntas (8%). Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah (73,2%) dan mengalami peningkatan pada siklus II (84,04%). Ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 64%, sedangkan pada siklus II menjadi (92%).
Download berkas