Penulis / NIM
PATHIAH KASILI / 451413043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK
Pathiah Kasili, 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tapa. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing (II) Dr.Sc Yayu Indriati Arifin, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 84 orang siswa yang terbagi dalam 4 kelas yaitu kelas XI IPS1, IPS2 IPS3, dan IPS4 yang terdaftar pada tahun ajaran 2016-2017. Sedangkan Sampel dari penelitian ini berjumlah 84 orang yang tersebar dari 4 kelas di SMA Negeri 1 Tapa. Hasil penelitian Terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa" dinyatakan diterima dengan persamaan regresi. Status sosial ekonomi orang tua mempengaruhi variasi prestasi belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa sebesar 6,8%. begitupun dengan hasil estimasi model persamaan regresi yang telah dilakukan diatas diperoleh nilai koefisien determinasi R2 (R Square) sebesar 0,09. Nilai ini berarti bahwa sebesar 9% variasi prestasi belajar siswa mata pelajaran geografi di kelas XI Ips SMA Negeri 1 Tapa dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua.
Kata Kunci : status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa
Download berkas