Penulis / NIM
SETIYAWAN / 451413048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Abstrak: Setiyawan. 2017. Pengembangan bahan ajar geografi berbasis Al-Quran pada materi hidrosfer. Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitriyane Lihawa, M.Si Dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar geografi berbasis Al-Quran pada materi hidrosfer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu research dan development. Uji validitas dilakukan melalui validasi isi/materi yang dilakukan oleh dosen geografi, validasi Al-Quran dilakukan oleh ahli Al-Quran, validasi bahasa dilakukan oleh ahli bahasa dan validasi mata pelajaran geografi yang dilakukan oleh guru geografi di MAN. Uji validasi empiris dilakukan dengan melihat persepsi siswa terhadap bahan ajar geografi berbasis Al-Quran. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa persepsi siswa tentang bahan ajar ini sangat baik, dengan di lakukan 2 kali uji coba yaitu uji coba terbatas dengan hasil persentase 86% dengan kategori sangat baik dan uji coba general dengan hasil persentase 85,65% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Bahan ajar berbasis Al-Quran, Hidrosfer
Abstrack: Setiyawan. 2017. Development of Al-Qur'an Based Geography Teaching Material in Hydrosphere topic. Study program of Geographic Education, Faculty of mathematict and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si And Co-supervisor is Ahmad Zainuri, S.Pd., M.T.
This research aims at creating an Al-Qur'an Based Geography Teaching Material in hydrosphere topic. This is a research and development research. Validity test was conducted through validation of content/ topic done by lecturer of geography, validation of Al-Qur'an done by expert of the Al-Qur'an, validation of language done by expert of the language and validation of geography subject done by teacher of the subject in MAN. Empirical test is done by observing students' perception towords Al-Qur'an based geographic teaching material. Findings of this research are students' perception about the teaching material is very good and it was conducted 2 times of trial namely limited trial with percentage of 86% and categorized as very good and general trial with percentage of 85,65% and categorized as very good.
Keywords: Research and Development, Al-Qur'an Based Teaching Material, Hydrosphere
Download berkas