Penulis / NIM
LAODE SAMUHAN / 451413065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK
Laode Samuhan, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Core Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Pada Materi Hidrosfer. (Suatu penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Telaga). Penggunaan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa akan berdampak pada hasil belajar siswa, salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa yaitu model pembelajaran Core. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Core dengan model pembelajaran langsung pada materi hidrosfer. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan test hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Core sedangkan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Serta hasil pengujian hipotesis didapatkan t_hitung > t_tabel yaitu 3,18 >2,00 artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Core dengan model pembelajaran langsung pada materi hidrosfer. Pada hasil belajar siswa, model pembelajaran Core lebih tinggi dengan rata-rata skor sebesar 19,23 dibandingkan dengan model pembelajaran langsung dengan rata-rata skor sebesar 17.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Core, Hasil Belajar.
ABSTRACT
Laode Samuhan, 2017. Influence of Implementation of Core Learning Model towards Students' Learning achievement in Geographic Learning in Hydrosphere. (An experimental research conducted in SMAN 1 Telaga). Use of learning model that can activate student will have an impact on result of student learning, one of learning model that can activate student that is Core learning model, so make researcher interested to do research about influence of core learning model. This research aims to investigate the difference significant of students' learning achievement which uses Core learning model and direct learning model in topic of hydrosphere. To achieve this objective, the researcher uses experimental research with Posttest Control Group Design. Data of the research are collected through test of learning achievement given in samples of research. The sample are two classes namely class X of MIA1 as experiment class which uses Core learning model while class X of MIA2 as control class which uses direct learning model. Based on analysis, it obtains finding of normality and homogeneity test from two groups that are normally and homogeny distributed. Then hypothesis test finding obtains tcount > ttable that is 3,18 > 2,00 which means that there is difference significant of students' learning achievement which uses Core learning model with direct learning model in topic of hydrosphere. In the student learning outcomes, the Core learning model is higher with the average score of 19.23 compared with the direct learning model with an average score of 17.
Keywords: Core Learning Model, Learning Achievement.
Download berkas