SKRIPSI

Penulis / NIM
TAUFIK ABDULLAH / 451413068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK Taufik Abdullah, 2020. Pengaruh penerapan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dengan model pendekatan saintifik, dengan model pembelajaran bersiklus (learning cycle), menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran bersiklus (learning cycle). Kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pendekatan saintifik. Hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis didapatkan > yaitu 4,45 > 2,42 artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dengan pendekatan saintifik pada hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Bersiklus (Learning Cycle), Pendekatan Saintifik, Hasil belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011