Penulis / NIM
TAUFIK ABDULLAH / 451413068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Taufik Abdullah, 2020. Pengaruh penerapan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dengan model pendekatan saintifik, dengan model pembelajaran bersiklus (learning cycle), menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran bersiklus (learning cycle). Kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pendekatan saintifik. Hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis didapatkan > yaitu 4,45 > 2,42 artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dengan pendekatan saintifik pada hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Bersiklus (Learning Cycle), Pendekatan Saintifik, Hasil belajar.
Download berkas