Penulis / NIM
TARMIZIN / 451413073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Tarmizin, 2017. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Stuudent Team Achievement-Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. (Suatu penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tapa). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan integrasi model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement-division dengan model pembelajaran problem based learning pada materi industri dan ketahanan pangan. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan integrasi model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement-division sedangkan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrolyang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis didapatkan t_hitung>t_tabelyaitu 4,45 >2,42artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan integrasi model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement-divisiondenganmodel pembelajaran problem based learning pada materi industri dan ketahanan pangan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Student Team Acivement - Division, Hasil Belajar.
Download berkas