Penulis / NIM
USNI RAHMAWATI / 451413074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Usni Rahmawati. 2017. Pengembangan bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an pada materi atmosfer. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Fitryane Lihawa, M.Si, dan Pembimbing II, Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar yang valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran yaitu berupa bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research And Development) 4D yakni Define (Analisis Kebutuhan),Design (Perancangan Produk), Development (Validasi dan Uji Coba Produk) dan Disemination (Belum Dilakukan Dalam Penelitian Ini). Data yang dianalisis adalah data validasi produk oleh ahli serta data uji coba produk yaitu data respon minat siswa dalam menggunakan bahan ajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan perhitungan sederhana. Berdasarkan hasil penelitian oleh ahli melalui lembar validasi yang telah diberikan kritikan dan saran bahwa bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an valid untuk dikembangkan di sekolah. uji coba terbatas yang memperoleh persentase respon minat siswa dengan nilai tertinggi pada kualifikasi sangat tinggi (ST) 27,79%, dan pada kualifikasi tinggi dengan persentase 72,23%. Sedangkan uji coba general memperoleh hasil persentase respon minat siswa tertinggi pada kualifikasi sangat tinggi 23,34% dan pada kualifikasi tinggi dengan presentase 76,68%. Berdasarkan hasil tersebut dengan demikian disimpulkan bahwa bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran geografi SMA/MA kelas X pada materi Atmosfer.
Kata Kunci : Pengembangan, bahan ajar, pembelajaran, geografi.
Download berkas