Penulis / NIM
WA ODE MUTMAINNAH / 451414002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
Wa Ode Mutmainnah, 2018. Pengembangan modul pembelajaran geografi SMA pada materi Hidrosfer. Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Dr. Eng, Sri Maryati, S.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran geografi SMA pada materi hidrosfer di SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Tehknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Tehknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis data hasil validasi tim ahli terhadap modul yang dikembangkan dan analisis data minat belajar siswa. Hasil validasi dari tim ahli baik dari ahli geografi/dosen, ahli guru mata pelajaran geografi, ahli bahasa, dan ahli media dianalisis secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif sedangkan analisis data minat belajar siswa dianalisis secara deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul pembelajaran geografi SMA pada materi hidrosfer di SMA Negeri 1 Telaga dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan hasil validasi para ahli dan uji coba angket. Dalam uji coba terbatas terdapat 32 % dari 20 peserta didik kualitas modul berada pada kulifikasi "cukup". Sedangkan pada uji coba general menunjukkan kualitas modul berada pada 63 % dari 27 peserta didik berada pada kualifikasi baik.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Hidrosfer.
Wa Ode Mutmainnah, 2018. Developing a geography learning module on Hydrosphere material for Senior High Schcool. Study Program of Geography Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and the supervisor is the Dr. Eng Sri Maryati, S.Si.
This study aims at analyzing the geography learning module on hydrosphere material for SMA Negeri 1 Telaga. It applies the 4-D method. Research instrument is questionnaire. Techniques of data collection are observasion and quesstinnaire. Techniques of data analysis consist of expert team validation result of the developed module and students' learning achievement. The validation result of excpert team that consists of geography expert /lecturer, geography teacher espert, language expert, and media expert, are analyzed through qualitative descriptive and quantitative. The students' learning interest us analyzed through quantitative descriptive analysis. Findings reveal that the development of geography learning module on hydrosphere material for senior high school can inmprove students' learning interest and can be applied in learning practice. In limited trials there are 32% of 20 module quality learners are on the "enough" qualification. It is verified by the validation result of the experts and questionnaire trial that reveal that the quality of module is 63 % in excellent qualification obtained from 27 student.
Download berkas