SKRIPSI

Penulis / NIM
PUJI LESTARI T. MAYANG / 451414007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK Puji Lestari T Mayang, 2018. Pengembangan modul pembelajaran geografi SMA pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan berbasis pendekatan saintifik. Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Dr.Hj. Sunarty S. Eraku, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran geografi SMA pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 3-D yaitu tahap define, (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan tahap develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Metode tersebut digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian tentang pengembangan modul geografi SMA pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan berbasis pendekatan saintifik pada kelas X di SMA Negeri 1 Kabila. Validasi modul berbasis pendekatan saintifik ini melibatkan empat validator, validasi materi dilakukan oleh dosen geografi, validasi bahasa dilakukan oleh ahli bahasa, validasi ahli media dilakukan oleh ahli media, dan ahli mata pelajaran dilakukan oleh guru mata pelajaran geografi disekolah. Uji coba validitas dilakukan dengan melihat persepsi peserta didik terhadap modul. Hasil perolehan persepsi peserta didik terhadap modul geografi berbasis pendekatan saintifik dikategorikan sangat baik, dengan dilakukan 2 kali uji coba yaitu uji coba terbatas dan uji coba general. Perolehan hasil persentase uji coba terbatas dilakukan di kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Kabila dikategorikan sangat baik dengan nilai 84% dan perolehan hasil uji coba general yang dilakukan di kelas X IPA 3 dan X IPA 5 SMA Negeri 1 Kabila dikategorikan sangat baik dengan nilai 85%. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Modul pembelajaran Geografi Berbasis Pendekatan Saintifik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011