SKRIPSI

Penulis / NIM
MUSTARIYANI / 451414009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Mustariyani. 2018. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Berkirim Salam dan Soal Diintegrasikan Dengan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Pada Materi Hidrosfer di MA Nuruttaqwa Limboto, Kabupaten Gorontalo. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan pembimbing 2 Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hidrosfer melalui integrasi model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Berkirim Salam Soal dengan Model Numbered Head Together (NHT) di MA Nuruttaqwa Limboto, Kabupaten Gorontalo. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dengan jumlah siswa yang di berikan tindakan selama penelitian sebanyak 26 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap kali pertemuan dalam siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran untuk kegiatan guru pada siklus I oleh observer sebesar 71% dan kegiatan siswa sebesar 68% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89% untuk observasi kegiatan guru dan 87% untuk observasi kegiatan siswa. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan 73% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89%. dengan demikian dapat di katakan bahwa hasil penelitian penggunaan model koperatif learning tipe berkirim salam dan soal diintegrasikan dengan model numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Hidrofer. kata kunci :Penelitian Tindakan Kelas, Hasil belajar siswa, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Berkirim Salam dan Soal dan Model Numbered Heads Together (NHT).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011