Penulis / NIM
SRI YULIANTI LASALUTU / 451414016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yulianti Lasalutu, NIM, 451414016. Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Sma Negri 1 Tapa Kabupaten Bonebolango. Program studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Pembimbing I Dr. Fitriyane Lihawa.M,Si dan Pembimbing II Daud Yusuf. S.Kom.M.Si.
Penelitian ini dilakukan di SMA negeri 1 Tapa, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dari kedua model yang sama tetapi di berikan perlakuan berbeda terhadap hasil belajar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa dan sampel penelitian ini yakni kelas XI IPS2 dengan jumlah sisiwa 20 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS3 dengan jumlah sisiwa 20 orang sebagai kelas control. Skor rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunkan pembelajaran kooperatif tipe kartikulasi yang di berikan penguatan (Reinforcement) mencapai nilai 80 dan 73 untuk hasil belajar yang yang tidak di berikan penguaatan ( Reinforcement). Sedangkan uji t hipotesis dimana thitung= 5,324> ttabel = 1,684. Dengan demikian terdapat perbedaan antara hasil belajar sisiwa yang menggunakan model yang sama tetapi tidak diberikan perlakuan yang sama. Kelas yang di berikan penguatan (Reinforcement) lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak di berkan penguatan (Reinforcement).
Kata Kunci : Pemberian Penguatan (Reinforcement) Terhadap Hasil Belajar
ABSTRACT
Sri Yulianti Lasalutu, Student Id. 451414016. The Influence Of Giving Reinforcement Towards Students' Learning Achievement In Indonesia Cultural Diversity Material In Geografi Learning At SMA Negeri 1 Tapa District Of Bonebolango. Bachelor Study Program Of Geography Education, Department Of Earth Scien And Technology, Faculty Of Mathematics And Natural Science, State University Of Gorontalo, 2018. The Principal Supervisor Is Dr. Fitriyane Lihawa,M.Si, And The Co-Supervisor Is Daud Yusuf, S.Kom, M.Si.
This study has been conducted in SMA Negeri 1 Tapa included in the experimental stidy. It aims at investing the defference between the two same models witht different treatment towards learning achievement. Reseach population is all students of the class of XI IPS in SMA Negeri I Tapa and samples are students of the class of XI IPS2 amounted to 20 as the ekperimental class and students of the class of XI IPS3 amounted to 20 as control class. The average score of students treated by carticulation model with reinforcement is 80 and without reinforcement is 73. Meanwhile, t-test result obtains tcont for 5,324 is higher than ttabel for 1,684. Therefore, there is a difference between learning achievement of students treated with the same model but different treatment. Achievement of cllas treated with reinforcement is higer than the class without reinforcement.
Keywords: Giving Reinforcement, Learning Achievement.
Download berkas