Penulis / NIM
MOH IKSAN / 451414022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Abstrak
Moh Iksan, 2018. Pengembangan bahan ajar Geografi berbasis Al-Qur'an pada materi Interaksi Keruangan Desa Kota. Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Fitryane Lihawa, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Geografi berbasis Al-Qur'an pada materi Interaksi Keruangan Desa Kota. Penelitian pengembangan dilaksanakan di sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyyah Kota Gorontalo dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Limboto. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah research dan development. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Validasi bahan ajar berbasis Al-Qur'an ini melibatkan empat ahli, validasi isi/materi yang dilakukan oleh dosen Geografi, validasi Al-Qur'an dilakukan oleh ahli Al-Qur'an, validasi bahasa dilakukan oleh ahli bahasa dan validasi ahli mata pelajaran yang dilakukan oleh guru Geogafi MAN. Berdasarkan hasil dan pembahasan, persepsi siswa terhadap bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an dikategorikan sangat baik, dengan dilakukannya 2 kali uji coba yaitu uji coba terbatas dan uji coba general. Perolehan hasil persentase uji coba terbatas dikategorikan sangat baik dengan nilai 88% dan perolehan hasil persentase uji coba general dikategorikan sangat baik dengan nilai 86 %.
Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar Berbasis Al-Qur'an.
Moh Iksan, 2018. The Development of Al-Qur'an-Based Geography Teaching Material in Rural-Urban Spatial Interaction Topic. Study Program of Geography Education, Facultynof Mathematics and Natural Sciences. State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Sunarty S Eraku, M. Pd, and the co-supervisor is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si.
The research aimed to create Al-Qur'an-based Geography teaching material in Rural-Urban Spatial Interaction topic. It was developmental research conducted at Madrasah Aliyah (Islamic Senior High School) Muhammadiyah of Gorontalo City and Madrasah Aliyah Negeri 1 Limboto. It emploved a research and development method in which the data collection technique used observation and questionnaire. Validation of the teaching material involved four experts who were Geography lecturers for the content, expert of Al-Qur'an for its validation, language expert for language validation, and Geography teachers in MAN for the lesson. The research finding and discussion confirmed that students' perception of Al-Qur'an-based Geography teaching material was in a proper category through 2 trials namely limited and general trials. The result of the limited trial was categorized into a very good score of 88% while a general trial was categorized into a very good score as well for 86%.
Keywords: Developmental Research, Al-Qur'an-based Teaching Material.
Download berkas