SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI FITRIYANI HADJU / 451414029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Siti Fitriyani Hadju, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Di Sma Negeri 1 Telaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) dengan model pembelajaran inquiry pada pembelajaran geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay yang diberikan kepada sampel penelitian. Sampel penelitian terrdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis sedangkan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran inquiry. Berdasrkan hasil analisis data diperoleh uji normalitas pada kelas eksperimen Lhitung = 0,111 dan Ltabel = 0,173, sedangkan pada kelas kontrol Lhitung = 0,09 dan Ltabel 0,173. Hasilnya menunjukkan bahwa Lhitung < Ltabel yang artinya data kedua kelas berdistribusi normal. Kemudian pada uji varians homogen dimana Fhitung < Ftabel, hasilnya Fhitung = 1,24 sedangkan Ftabel = 2,00 yang artinya data kedua kelas memiliki variansyang homogen. Pada pengujian hipotesis didapatkan Thitung = 3,70 > Ttabel = 1,68, maka hipotesisnya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasilnya skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) adalah 83,33, sedangkan menggunakan model pembelajaran inquiry adalah 67,92. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) dengan model pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran geografi. Kata Kunci: Model Pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis), Hasil belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011