Penulis / NIM
FADLIA HUMOKOR / 451414047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Eng. SRI MARYATI / 0026038203
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Fadlia Humokor. 2019. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Geografi Pada Siswa Kelas XI IPS MA se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS MA se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang terdiri dari 97 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran geografi pada siswa kelas XI IPS MA se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (kebiasaan belajar) dan variabel terikat (prestasi belajar siswa). Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi (r) sebesar 0,68 dengan koefisien determinasi 46,24%. Pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya sangat berarti karena thitung lebih besar dari ttabel (9,04 ����¯�¿�½���¯���¿���½������¥1,66). Hasil pengujian menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi.
Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas