Penulis / NIM
YUNIKA TOHULOWULA / 451414050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
Yunika Tohulowula. NIM 451 414 050. Judul penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Gorontalo. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo tahun 2018. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si selaku pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Siswa yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo yang berjumlah 34 orang. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan aktifitas siswa. Model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo pada mata pelajaran geografi materi atmosfer dan hidrosfer. Hasil belajar siswa pada siklus I dari 34 siswa hanya 21 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan (62%), dan selanjutnya diperbaiki pada siklus II dari 34 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 31 siswa yang tuntas (91%). Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Pembelajaran Index Card Match.
Download berkas