Penulis / NIM
CICI ATNASIR / 451414054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Cici Atnasir, NIM: 451414054, ����¯�¿�½�..."Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Gorontalo UtaraÃ���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�ÂÂ. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Muhammad Kasim, S.T, M.T.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara, bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yaitu Posttest Only Control Design dan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara. sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen Menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan jumlah siswa 30 orang, dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian (essay) yang terdiri dari 10 butir soal (tervalidasi). Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas data menggunakan uji liliefors dan uji homgenitas menggunakan uji Fischer, serta dilanjutkan dengan uji hipotesis statistik menggunakn uji-t. Berdasarkan pengolahan data pada uji normalitas diperoleh Lhitung pada kelas eksperimen adalah 0,105 dan nilai Ltabel adalah 0,161, pada kelas kontrol Lhitung 0,126 dan Ltabel 0,161, hasil menunjukkan bahwa Lhitung < Ltabel. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,23 < Ftabel 1,85. Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung 4,58, nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 = 1,67 yang berarti thitung > ttabel. Hasil penelitian diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,67 dan hasil posttest kelas kontrol sebesar 75,70. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dimana hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi pada tingkat ranah kognitif C1 sampai dengan C4 dari pada hasil belajar siswa di kelas kontrol. Dengan demikian maka penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat digunakan dalam pembelajaran geografi pada materi Mitigasi Bencana Alam.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar
Download berkas