Penulis / NIM
SRI RAHAYU / 451414062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Sri Rahayu. 2018. "Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Ilmu dan Teknolgi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi. Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango jurusan IPS kelas X dan kelas XI sejumlah 171 orang siswa dan sampelnya sebanyak 86 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (kedisiplinan belajar) dan variabel terikat (prestasi belajar siswa). Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket dan metode dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi (r) sebesar 0,643 dengan koefisien determinasi 41,345%. Pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya sangat berarti karena thitung lebih besar dari tdaftar (7,695 > 1,665). Dengan demikian, dapat dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Belajar, Prestasi Siswa
Download berkas