Penulis / NIM
RAHMAT RIFALDI ALI / 451414065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Rahmat Rifaldi Ali, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Ips Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Bagi Kehidupan Di Sma Negeri 1 Tapa Kabupaten Bonebolango.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Tutoring dengan model pembelajaran STAD pada pembelajaran geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest Control Group Desigm. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay yang diberikan kepada sampel penelitian. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPS1 sebagai kelas eksperimen menngggunakan model pembelajaran Peer tutoring sedangkan kelas X IPS2 menggunakan model pembelajaran STAD. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji normalitas pada kelas eksperimen Lhitung = 0,114 dan Ltabel = 0,148, sedangkan pada kelas kontrol Lhitung = 0,100 dan Ltabel = 0,150. Hasilnya menunjukkan hwa Lhitung < Ltabel, yang artinya data kedua kelas berdistribusi normal. Kemudian pada uji varians homogen dimana Fhitung < Ftabel, hasilnya Fhitung = 1,551 sedangkan Ftabel = 1,770 yang artinya data kedua kelas memiliki varians yang homogen. Pada pengujian hipotesis didapatkan Thitung = 4,427 > Ttabel = 1,699, maka hipotesisnya Ho ditolak dan H1 diterima. Hasilnya skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer tutoring adalah 86, sedangkan menggunakan model pembelajaran STAD adalah 79, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer tutoring dengan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran geografi.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Peer Tutoring, Hasil Belajar.
ABSTRACT
Rahmat Rifaldi Ali, 2018. The Influence of peer Tutoring Learning Model on Students' Learning Achievement at Class X of Sosial Science at Geography Subject In SMA Negeri 1 Tapa, Bone Bolango District for Atmosphere Dynamics and Its Impact for Life Topic. The research aimed to investigate the difference in students' learning achievement applying peer Tutoring and STAD learning models in geography subject. The research was conducted at SMA Negeri 1 Tapa. It was experimental research using posttest Control Group design. The technique of data collction used learning achievement test in the from of an essay distributed to samples. Comprised two classes namely class X of social science 1 as exmerimental group thet applied the peer Tutoring learning model and class X of Social scence 2 that applied the STAD learning model. The finding of analysis from normality test found that in experimental group, Lcount = 0,114 and Ltable = 0,148 while in control class, Lcount=0,100 and Ltable= 0,150 or the Lcount> Ltable. This meant that both classes were normally distributed. In addition, homogeneity of variance test found that Fcount= 1,551, while Ftable = 1,770 or Fcount>Ftable. The result indicated that bith classes had a homogeneous variance. Then, hypothesis test revealed that Tcount = 4,427>Ttable = 1,699, thus it rejected H0 and accepted H1. The final result was the average score of students applying peer Tutoring learning model was 86 while those who appled STAD learning model was 79.To sum up, there was significant influence between students who applied the peer Tutoring learning model and those who applied the STAD learning model on geography subject.
Keywords : Peer Tutoring Learning Model, Learning Achievement
Download berkas