Penulis / NIM
HARDILA / 451414083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Eng. SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
Hardila, Nim 451 414 083. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Hasil Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Dr. Fitriyane Lihawa, M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Eng. Sri Maryati, M.Si sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah modul geografi berbasis pendekatan saintifik pada materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di SMA Negeri I Kabila. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui validasi, dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis data hasil validasi tim ahli dan analisis data respon siswa. Uji validasi dilakukan melalui ahli materi yang dilakukan oleh dosen geografi, validasi mata pelajaran geografi dilakukan oleh guru geografi di sekolah, validasi bahasa dilakukan oleh ahli bahasa, dan validasi media dilakukan oleh ahli media. Uji validitas dilakukan dengan melihat persepsi siswa terhadap modul geografi berbasis pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukan bahwa, modul pembelajaran geografi berbasis pendekatan saintifik sudah dapat digunakan atau diterapkan di sekolah berdasarkan uji coba yaitu uji coba terbatas dengan hasil 84,8% dengan kategori sangat baik, sedangkan uji coba general dengan hasil 84,6% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Pendekatan Saintifik, Dinamika Litosfer
Download berkas