Penulis / NIM
NOVIA AYU LESTARI / 451416007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
RUSIYAH, S.Pd, M.Sc / 0021068108
Abstrak
ABSTRAK
Novia Ayu Lestari, 2021. Pengaruh pembelajaran berintegrasikan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo (Suatu penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo). Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Sunarty S. Eraku., M.Pd sebagai Pembimbing 1 dan Ibu Rusiyah,.S.Pd.,M.Sc sebagai Pembimbing II. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia yang di integrasikan dengan STEM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain post test control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XIb3 IPS sebagai kelas eksperimen sedangkan XIb5 IPS sebagai kelas kontrol. Pengujian normalitas data menggunakan uji statistic chi-kuadrat untuk pasangan hipotesis nol H0 dan tandingannya H1 dengan taraf signifikan ���± = 0,05. Hasil pengujian normalitas tes hasil belajar peserta didik menunjukan bahwa ���2hitung < ���2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 3,449 < 11,070 dan untuk kelas kontrol sebesar 1,023 < 9,488. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua kelas tersebut dapat berdistribusi secara normal berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar peserta didik dengan menggunakan statistic uji t maka hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung > ttabel yaitu 6,58 > 2,02. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (5E).
Kata Kunci: STEM, Project Based Learning (PjBL), hasil belajar
Download berkas