SKRIPSI

Penulis / NIM
RIZAL PARIS / 451418003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
SYAHRIZAL KOEM, S.Pd, M.Si / 0023108704
Abstrak
Rizal Paris, 2022, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Proyek Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Sma Negeri 1 Bulango Ulu. Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Syahrizal Koem, S.Pd, M.Si. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bulango Ulu. Tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan, materi pelajaran dan LKPD. Kegiatan penelitian dilakukan dalam bentuk pembelajaran yang berlangsung selama 4 pertemuan dan dibagi menjadi 2 siklus yang pada setiap siklusnya terdapat 2 pertemuan. Hasil pengamatan pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pada siklus 1 hanya 76% dari tindakan guru yang mencapai kriteria baik dan untuk siswa yaitu 68% dari tindakan siswa yang mencapai kriteria baik sehingga belum memenuhi standar yang ditetapkan yaitu 80%, adapun hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 65% atau hanya 13 orang dari jumlah 20 siswa yang telah memenuhi nilai KKM. Perolehan hasil pengamatan pada siklus 2 menunjukkan bahwa 92% dari tindakan yang dilakukan oleh guru telah mencapai kriteria baik sedangkan untuk siswa juga 92% dari tindakan yang dilakukan telah mencapai kriteria baik, adapun untuk hasil belajar siswa yaitu 90% atau 18 orang dari jumlah 20 siswa telah mencapai KKM. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dapat meningkatan hasil belajar siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011